AKUISISI ARSIP STATIS PERANGKAT DAERAH DI DINAS LINGKUNGAN HIDUP DAN KECAMATAN PITU

Menurut Perka ANRI No. 31 Tahun 2011 tentang Tata Cara Akuisisi Arsip Statis disebutkan bahwa Arsip Statis adalah arsip yang dihasilkan oleh pencipta arsip karena memiliki nilai guna kesejarahan, telah habis masa retensinya, dan berketerangan  dipermanenkan yang telah diverifikasi baik secara langsung maupun tidak langsung oleh Arsip Nasional Republik Indonesia dan/atau lembaga kearsipan.

Akuisisi arsip statis adalah proses penambahan khazanah arsipstatis pada lembaga kearsipan yang dilaksanakan melalui kegiatan penyerahan arsip statis dan hak pengelolaannya dari pencipta arsip kepada lembaga kearsipan.

Mendasar hal tersebut di atas,pada hari selasa tanggal 20 Februari 2024, Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten Ngawi melaksanakan Pendampingan Pengelolaan Arsip Statis dan Akuisisi Arsip Statis Perangkat Daerah di Dinas Lingkungan Hidup dan Kecamatan Pitu.

Pendampingan  Pengelolaan  Arsip Statis dan Akuisisi Arsip Statis Perangkat Daerah ini merupakan salah satu upaya untuk memaksimalkan kemanfaatan Gedung Depot  Arsip Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten Ngawi.

Adapun Langkah konkret yang dilakukan pada kegiatan ini antara lain:

  1. Memberikan wawasan tentang pentingnya penyerahan arsip statis ke Lembaga Kearsipan Daerah
  2. Inventarisi jenis arsip yang harus diserahkan berdasarkan urusan subtantif dan fasilitatif

Mendorong penyerahan arsip statis kebencanaan dan perbatasan.

Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah terlaksananya penyerahan arsip statis kebencanaan dan perbatasan oleh Kecamatan Pitu ke Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten Ngawi serta penyerahan arsip tahun 2017 – 2018 sesuai JRA Subtanfif dan Fasilitatif (kepegawaian dan keuangan) oleh Dinas Lingkungan Hidup, mengingat Dinas  tersebut  dibentuk pada tahun 2017.

# salam Arsip

Penulis : Nungki Wahyuningtyas (Arsiparis Muda)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim Pesan
Butuh Bantuan?
Silahkan berkonsultasi kepada kami dengan Whatsapp melalui nomor ini. Pesan akan dibalas pada saat jam kerja.

Jam Kerja:
Senin-Kamis : 08.00-15.00
Jum'at : 08.00-14.00
Sabtu-Minggu : Libur