Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten Ngawi (LKD Ngawi) yang telah menjadi bagian dalam keanggotaan Simpul Jaringan SIKN JIKN turut hadir di acara Rapat Teknis Penyediaan Informasi, Akses dan Layanan Kearsipan Melalui Jaringan Informasi Kearsipan (JIKN) Tahun 2023.

Arsiparis Mahir, Kridho Wirasto dari Lembaga Kearsipan Kabupaten Ngawi turut hadir menjadi bagian dari 80 orang peserta yang terdiri dari Kepala Dinas dan Arsiparis se – Jawa Timur.

Rapat Teknis dilaksanakan pada hari Rabu-Kamis, 22 – 23 November 2023 bertempat di Hotel Purnama Kota Batu Jawa Timur di buka oleh Kepala Bidang Penyelamatan Arsip Statis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Drs.TidorArif.T.Djati, MM.Dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ketua Tim Pengembangan Layanan Konten JIKN, Anak Agung Gede Sumardi kaya itu Arsiparis Ahli Madya dari Pusat SJIKN ANRI.

Dalam paparannya, pak Agung menyampaikan bahwa dalam Penyelenggaraan SIKN JIKN mempunyai beberapa fungsi yaitu :

  1. Mewujudkanarsipsebagaitulangpunggungmanajemenpenyelenggaraan negara,
  2. Menjaminakuntabilitasmanajemenpenyelenggaraan negara,
  3. Menjaminpenggunaaninformasihanyakepadapihak yang berhak, dan
  4. Menjaminketersediaanarsipsebagai Memori KolektifBangsa. (UU No.43 Tahun 2009 Pasal  13)

Untuk itu, “Tim Pengelola masing – masing simpul jaringan harus mampu melaksanakan tugasnya secara maksimal terutama dalam hal penyediaan informasi kearsipan di JIKN, agar Masyarakat dapat mengakses informasi secara utuh” tegas pak Agung.

Selain dari ANRI, hadir juga narasumber kedua yaitu dari Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur yang menyampaikan tentang Dukungan dan Peran Strategis Diskominfo dalam pelaksanaan aplikasi nasional seperti SIKN,JIKN dan juga SRIKANDI.

#salamArsip

Penulis: NungkiWahyuningtyas (Arsiparis Muda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *