BULAN BUNG KARNO PERPUSTAKAAN UMUM KAB. NGAWI GELAR SOSIALISASI TAULADAN KEPAHLAWANAN Ir.SOEKARNO

Dalam rangka Bulan Bung Karno, Juni 2023 ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ngawi melalui Bidang Perpustakaan telah menggelar Sosialisasi Tauladan Kepahlawanan Ir. Soekarno bagi anak anak siswa Sekolah Dasar yang mengikuti Kelas Menggambar.  Kelas menggambar  dilaksanakan setiap hari Sabtu ke 1 sd ke 4 dimulai sejak  bulan Maret 2023 yang lalu, merupakan kerja sama dengan Rumah Gambar Nusantara Pancasila.  Selain sosialisasi, begitu masuk ruang layanan telah terpampang dengan indah display buku buku tentang Bung Karno dihiasi dengan lampu kerlap kerlip yang membuat daya Tarik para pemustaka untuk membacanya.

Dalam sosialisasi Tauladan Kepahlawanan Ir. Soekarno anak anak diperkenalkan mulai sosok Soekarno kecil, Soekarno muda hingga menjadi Bapak Proklamator Indonesia. Dari berbagai prestasi yang diperoleh Bung Karno salah satu nya diberikan Gelar : Pahlawan Proklamator pada tahun 1983. Sosok Soekarno memiliki tempat tersendiri bagi masyarakat Indonesia dan memberikan banyak tauladan bagi Bangsa. Banyak tenaga, pemikiran bahkan jiwa dipertaruhkan oleh Soekarno untuk Indonesia, mulai  dari melawan penjajahan sampai membangun bangsa. Bung Karno lahir pada hari Kamis Pon, 6 Juni 1901 di Surabaya, putra dari pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai, dengan nama kecilnya : KUSNO. Karena Soekarno kecil selalu sakit sakitan maka dirawatlah oleh kakaknya yang bernama Raden Hardjodikromo di Tulungangung dan Kembali tinggal bersama Bapak Ibunya pada tahun 1909 di Mojokerto. Sejak tinggal Kembali bersama orang tuanya, digantilah nama KUSNO menjadi SOEKARNO agar dirinya tidak sakit sakitan lagi dan dapat tumbuh dengan sehat.  Ir. Sokerano wafat pada tanggal 21 Juni 1970 di Rumah Sakit PAD Gatot Subroto Jakarta.

Ternyata Soekarno sejak kecil  juga gemar membaca, terlihat kata kata mutiara yang pernah dirangkainya “ Seluruh waktuku, Ku habiskan Untuk Membaca “, ditulis dalam buku : BUNG KARNO PENYAMBUNG LIDAH RAKYAT INDONESIA karya Cindy Adams pada halaman 46 – 47.

Acara sosialisasi diakhiri dengan pertanyaan spontanitas kepada para peserta dan diberikan cindera mata bagi yang bisa menjawab.

Penulis : Titik Ratriani S.Sos (Pustakawan Ahli Muda)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim Pesan
Butuh Bantuan?
Silahkan berkonsultasi kepada kami dengan Whatsapp melalui nomor ini. Pesan akan dibalas pada saat jam kerja.

Jam Kerja:
Senin-Kamis : 08.00-15.00
Jum'at : 08.00-14.00
Sabtu-Minggu : Libur