VISITASI DARING AKREDITASI PERPUSTAKAAN UMUM KAB.NGAWI DARI PERPUSTAKAAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA

Ngawi, Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan Perpustakaan Umum Kab. Ngawi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab.Ngawi pada bulan Juli 2022 lalu telah mengajukan akreditasi perpustakaan ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Dengan pengajuan akreditasi ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana layanan perpustakaan Dinas Perpustkaan dan Kearsipan Kab. Ngawi telah memenuhi Standar Nasional Perpustakaan (SNP) sesuai dengan Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional RI Nomor 8 tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Kabupaten/Kota.

Selasa 15 November 2022 tim akreditasi perpustakaan dari Perpustakaan Nasional RI berkenan melakukan visitasi akreditasi perpustakaan secara Online melalui Zoom Meeting. Dalam kesempatan tersebut tim akreditasi melaksanakan penilaian terhadap instrumen dan bahan kelengkapan akreditasi perpustakaan yang telah diajukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Ngawi.

Hadir dalam pertemuan tersebut Bapak Drs. Hartono S.S M.Hum sebagai Asesor dari UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno dan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Ngawi dihadiri langsung oleh Kepala Dinas, Sekretaris Dinas, Kepala Bidang Perpustakaan dan Pustakawan yang ada di Dinas perpustakaan dan Kearsipan Kab. Ngawi.

Pertemuan yang berlangsung sekitar hampir dua jam tersebut diawali dengan pemaparan program yang telah dilaksanakan oleh Kepala Dinas Ibu Ir. Kartikawari Pinilih, serta harapan beliau bahwa hasil akreditasi nantinya akan menjadi tolak ukur serta evaluasi untuk meningkatkan layanan perpustakaan kedepannya.

Pertemuan dilanjutkan dengan membahas tentang Instrumen akreditasi dan bahan kelengkapannya, serta hal-hal apa saja yang harus dilengkapi dalam proses akreditasi tersebut. Dalam pertemuan itu juga Asesor memberikan banyak masukan bagi perpustakaan umum Kab.Ngawi, sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan perpustakaan bagi masyarakat umum di Kab.Ngawi.

Dengan mengikuti akreditasi perpustakaan, maka Perpustakaan Umum Kab. Ngawi akan mengetahui kelebihan dan kekurangannya dalam melakukan layanan terhadap masyarakat, sehingga kedepannya dapat berbenah dan menjadikan perpustakaan sebagai Pusat Kegiatan Masyarakat.

 

Penulis  : Suyatno MM (Kabid Perpustakaan)
Editor   : Naufal Fathoni

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim Pesan
Butuh Bantuan?
Silahkan berkonsultasi kepada kami dengan Whatsapp melalui nomor ini. Pesan akan dibalas pada saat jam kerja.

Jam Kerja:
Senin-Kamis : 08.00-15.00
Jum'at : 08.00-14.00
Sabtu-Minggu : Libur