Ngawi., 30 April 2024

Salah satu upaya yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPERPUSIP) Kabupaten Ngawi dalam menumbuhkembangkan minat baca peserta didik adalah dengan memberikan Layanan Terpadu Perpustakaan Sekolah (LTPS) dimana layanan ini menghadirkan mobil perpustakaan keliling ke sekolah. Tujuan dari layanan terpadu perpustakaan sekolah DISPERPUSIP Kabupaten Ngawi yaitu meningkatkan literasi para siswa peserta didik.

Kegiatan ini dilakukan secara berkelanjutan dengan waktu yang telah ditentukan bersama oleh tim dan pihak terkait. Dalam kegiatan layanan terpadu perpustakaan sekolah peserta didik diajak untuk aktif membaca, serta bercerita dengan menggunakan metode mendongeng.

Seperti pada hari selasa 30 April 2024, SDN KEBON 1 Kecamatan Paron berkerjasama dengan DISPERPUSIP Kabupaten Ngawi mengadakan Festival Gelar Karya Literasi dan Numerasi untuk memperingati hari pendidikan nasional. Pada acara ini DISPERPUSIP Kabupaten Ngawi selain menghadirkan mobil perpustakaan keliling (MPK) ke sekolah, juga memberikan kegiatan berupa mendongeng dari Kak Aya dengan judul ibu R.A Kartini sosok ibu yang tangguh. Selesai kegiatan mendongeng para siswa diberikan tugas untuk melakukan kegiatan membaca buku selama 30 menit. Sebanyak 5 siswa dipilih untuk menceritakan isi buku yang telah dibaca sebelumnya di hadapan teman-temannya, dan nantinya siswa tersebut diberikan hadiah dari DISPERPUSIP Kabupaten Ngawi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *