MENGGALI KHAZANAH BUDAYA NGAWI

       Untuk pertama kalinya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar pameran khazanah arsip Kabupaten Ngawi. Tematik seni tari, infrastruktur, kepahlawanan, kepresidenan dan cagar budaya dikemas dalam mini pameran diruang layanan. Adapun beberapa koleksi foto yang dipamerkan antara lain Pabrik Gula Soedono (1925), Pasar Besar Ngawi (1929), Penthul Melikan (1952), Kunjungan Presiden Soekarno dan dr. Radjiman (1952), dan tak ketinggalan Benteng Van Den Bosch (1800-an).

       Ir. Kartikawari Pinilih, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, menegaskan bahwa khazanah arsip merupakan satu rangkaian peristiwa yang nantinya akan bermakna sebagai sumber ilmu pengetahuan, pendidikan dan penelitian. Beliau berharap, melalui pameran arsip adik-adik pelajar, mahasiswa, dan masyarakat dapat mengenal lebih dekat perjalanan Kabupaten Ngawi dalam membangun peradabannya.

Antusias pengungjung pameran

      Gelaran pameran arsip yang berlangsung selama tiga hari, 16-18 Juni 2022, juga diramaikan oleh masyarakat pecinta sejarah di Kabupaten Ngawi, seperti Ibu Riana pemilik koleksi Potret Ngawi era 70-an, dan Mas Ari dengan koleksinya Naskah Kuno Kepatihan. Menurut penjelasan Monang Setiyo (panitia), salah satu tujuan kegiatan pameran tersebut untuk memantik rasa, emosi dan sekaligus mengingatkan bahwa arsip sangat penting untuk disimpan dan dirawat. Apakah itu foto pribadi, keluarga, maupun berkas-berkas seperti akta, ijasah, sertifikat. “Apapun itu, akan sangat berharga dikemudian hari bagi anak cucu dan generasi mendatang. Karena arsip-arsip itu dengan sendirinya akan menjadi sebuah identitas bagi pemiliknya” Jelasnya.

Pemenang lomba melukis dan mewarnai bersama Ir. Kartikawari Pinilih, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ngawi

       Untuk memeriahkan acara pameran, panitia juga mengadakan lomba melukis (tingkat SD) dan mewarnai (tingkat TK) dengan objek Benteng Van Den Bosch. Adapun tujuannya mengenalkan sejak dini khazanah arsip kepada anak-anak agar kedepan lebih menghargai dan melestarikan warisan potret Kabupaten Ngawi. (Kridho, PPID)

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim Pesan
Butuh Bantuan?
Silahkan berkonsultasi kepada kami dengan Whatsapp melalui nomor ini. Pesan akan dibalas pada saat jam kerja.

Jam Kerja:
Senin-Kamis : 08.00-15.00
Jum'at : 08.00-14.00
Sabtu-Minggu : Libur