Peran Strategis Perpustakaan dalam membangun Literasi Masyarakat adalah sebagai lembaga penyedia informasi. Undang-Undang nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan mengamanatkan perpustakaan mempunyai tugas mengumpulkan, mengorganisasikan, mengolah dan menyebarluaskan karya-karya informasi dan karya ilmiah kepada masyarakat. Untuk itu tersedianya bahan bacaan berbentuk cetak dan elektronik diharapkan dapat memacu minat masyarakat untuk  gemar membaca sekaligus meningkatkan literasi, baca tulis dan digital.

Perpustakaan Nasional bekerjasama dengan Pemerintah Daerah setempat ataupun Kementrian Lembaga membangun Pojok Baca Digital (POCADI).

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ngawi menerima bantuan Pojok Baca Digital atau Pocadi dari Perpustakaan Nasional tahun 2021 yang berlokasi di Rumah Baca Alun Alun Ngawi. Pocadi merupakan tempat membaca yang menyediakan koleksi buku cetak dan buku digital (e-Book). Koleksi e-book yang ada di Pocadi berasal dari konten yang tersimpan pada lokal server dan juga konten iPusnas.

Pocadi dikembangkan oleh Perpusnas bekerjasama dengan Pemerintah Daerah ataupun Kementrian Lembaga dengan gagasan untuk memudahkan akses informasi. Prinsip dasar perluasan Pocadi yaitu memperluas layanan perpustakaan,agar dapat dinikmati di pusat pusat kegiatan masyarakat, mempunyai konten/koleksi yang dirancang sesuai kebutuhan penggunanya berbasis teknologi digital dan konten bahan bacaan yang beragam dan menarik.

Dengan berdirinya layanan Pocadi ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat Kabupaten Ngawi dan meningkatkan Literasi Masyarakat dengan menyediakan literatur literatur yang terpercaya.

Penulis  : Suyatno MM (Kabid Perpustakaan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *