Gerakan Tertib Arsip dan Sejarah Desa merupakan Program Kerjasama yang digaungkan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dengan Kementrian Desa,Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (PDTT RI) sejak Maret 2022.

Peran serta ANRI dalam Gerakan ini adalah dengan Penyusunan Guide Arsip Tematis Desa.

Guide Arsip Statis adalah sarana bantu penemuan kembali arsip statis yang memuat uraian informasi mengenai khazanah arsip statis yang tersimpan di Lembaga Kearsipan dan uraian informasi yang tersusun secara tematis.

Guide Arsip Statis terdiri atas 2 (dua) jenis yakni: Guide Arsip Statis Khazanah dan Guide Arsip Statis Tematis. (perka ANRI no.27 th 2011)

Pada hari Rabu, 4 Oktober 2023 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ngawi mengikuti Ekspose Guide Arsip Tematis Desa (Ekspose GATD) yang di selenggarakan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) secara hybrid (daring). Acara tersebut diikuti oleh 1000 peserta melalui media zoom meeting.

Nadia Fauziah Dwiari, SIP, M.Phil Ketua Tim Penyusun Guide Arsip Tematis Desa Direktorat Pengolahan ANRI selaku narasumber menyampaikan bahwa ruang lingkup arsip yang termasuk Guide Arsip Tematis Desa adalah Sejarah Desa, Pemilihan Kepala Desa, Pelaksanaan Pembangunan Desa, Pemberdayaan Masyarakat Desa, Batas Wilayah Desa, Peraturan tentang Desa, Bukti Pembangunan Desa, Perbatasan Wilayah Desa, Sosial dan Ekonomi Masyarakat Desa, Peristiwa Penting Desa, Adat Istiadat dan Budaya Desa, serta Kelembagaan dan Anggaran Desa.

Nadia Fauziah juga menyampaikan untuk mendukung Gerakan Tertib Arsip dan Sejarah Desa, perlu adanya Sosialisasi Tertib Arsip ke Masyarakat desa, agar Masyarakat desa punya memori tentang desa nya.

Bagi masyarakat Desa, arsip dapat menjadi sarana bukti kegiatan, sarana yang merekam ingatan bersama (memori kolektif), gambaran masa lampau dan bukti Sejarah, serta sebagai sumber informasi yang terpercaya. Oleh karena itu, pengelolaan arsip yang baik perlu dilakukan secara bersama – sama oleh Masyarakat desa.

#salamArsip

Penulis: Nungki Wahyuningtyas, S.Sos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *