Ngawi, 5 Februari 2025
Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan perpustakaan sekolah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ngawi melaksanakan pembinaan Pra Akreditasi Perpustakaan Sekolah di MTSN 4 Ngawi.

Pembinaan Pra Akreditasi ini bertujuan untuk mempersiapkan perpustakaan sekolah MTSN 4 Ngawi dalam memenuhi berbagai standar yang ditetapkan oleh Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional (LPAN) yang merupakan lembaga nonstruktural yang menyelenggarakan akreditasi semua jenis perpustakaan yang ada di Indonesia.
Dalam pendampingan ini, Tim pembina yang diketuai Kepala Bidang Perpustakaan didampingi 3 (tiga) Pustakawan dan 1 (satu) tenaga teknis perpustakaan memberikan bimbingan dan arahan terkait 9 (Sembilan) aspek penilaian akreditasi diantaranya manajemen koleksi, layanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, sarana dan prasarana, penyelenggaraan perpustakaan, pengelolaan perpustakaan, inovasi dan kreativitas, Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) dan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM).
Selama sesi pendampingan tim pembina meninjau langsung kondisi perpustakaan sekolah MTSN 4 Ngawi dan memberikan masukan serta rekomendasi perbaikan yang diperlukan, yang tidak kalah pentingnya adalah dokumen pendukung yang harus disiapkan sebagai bukti pemenuhan standar akreditasi.

Kepala Bidang Perpustakaan Suyatno, menyatakan bahwa pembinaan pra akreditasi ini merupakan bagian dari komitmen Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ngawi untuk mendukung sekolah-sekolah dalam meningkatkan mutu layanan perpustakaan, yang pada akhirnya akan berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Ngawi.
“Kami berharap dengan pendampingan ini sekolah-sekolah dapat meraih hasil akreditasi yang memuaskan dan terus berkomitmen dalam mengembangkan perpustakaan sebagai pusat belajar yang bermutu “ujarnya.

Pembinaan pra akreditasi ini menjadi salah satu langkah penting dalam rangkaian persiapan akreditasi perpustakaan sekolah. Diharapkan seluruh sekolah yang terlibat dapat meraih akreditasi dengan nilai yang memuaskan sehingga dapat menunjang proses pembelajaran dan pengembangan literasi sekolah.
Penulis : Naufal Fathoni