Site icon Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ngawi

TINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT MOBIL PERPUSTKAAN KELILING SAMBANGI TEMPAT WISATA

Ngawi (20/05/2024), Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Ngawi terus berupaya meningkatkan daya baca masyarakat, salah satunya dengan menyediakan Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) di obyek wisata, seperti yang dilakukan setiap akad legi Pasar Jadoel di obyek wisata Tawun (19/05/2024).

Satu unit Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) sudah berada di lokasi sejak pagi pukul 6.30 WIB untuk menyambut pengunjung wisata. Ada 1.000 lebih buku bahan bacaan yang disediakan. ”Kunjungan Mobil Perpustakaan Keliling di tempat wisata ini merupakan bagian komitmen Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk mengkampanyekan budaya membaca di masyarakat “ujar Suyatno MM Kepala Bidang Perpustakaan .

Sejak pagi banyak pengunjung yang menghampiri MPK mulai anak-anak, pelajar maupun masyarakat umum lainnya. Seperti salah satu pengunjung anak laki-laki yang bernama adik Nanda yang masih duduk di kelas 1 SD Muhamadiyah Paron yang datang didampingi orang tua dan neneknya. Sejak pagi Adik Nanda dan orang tuanya sudah mencari buku bacaan anak-anak seperti majalah Bobo, Mombi, Anak Sholeh dll. Meski belum begitu lancar membaca tapi adik Nanda lebih senang dengan melihat gambar cerita di majalah anak anak tersebut.

Demikian pengunjung yang lain yang bernama Siska yang merupakan seorang pengajar di SDIT Harapan Umat Ngawi. “Setiap ada event di mana ada Mobil Perpustakaan Keliling beliau nya menyempatkan waktu untuk membaca buku untuk dibaca ditempat” ujar ibu Siska.

Selain di akad Legi Pasar Jadoel Tawun pelayanan Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) juga ikut berpartisipasi di acara Akad Pahingan Festival yang berlokasi di sekitar Alun-Alun Merdeka Ngawi. ” salah satu tujuan kegiatan pelayanan Mobil Perpustakaan Keliling yaitu meningkatkan minat baca dengan mendekatkan bahan bacaan ke masyarakat sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan bahan bacaan” ujar Suyatno MM atau lebih dikenal dengan Mbah Kung Macha.

Penulis : Naufal Fathoni

Exit mobile version