Site icon Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ngawi

TIM PENDATAAN DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KAB. NGAWI MENGIKUTI DESK EVALUASI PENDATAAN PERPUSTAKAAN BERBASIS WILAYAH

Perpustakaan Nasional melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Desk Hasil Pendataan Perpustakaan Berbasis Wilayah di Hotel Royal Regantris Cendana Surabaya pada Rabu (13 Desember 2023). Perpustakaan Nasional mempunyai fungsi sebagai perpustakaan pembina bagi seluruh jenis perpustakaan di Indonesia. “Menurut Undang-Undang 43 Tahun 2007, ada lima jenis perpustakaan, yaitu Perpustakaan Nasional, perpustakaan umum, perpustakaan sekolah, perpustakaan perguruan tinggi dan perpustakaan khusus. Dengan Berbasis Wilayah, Perpustakan Kabupaten/Kota merupakan Pembina Perpustakaan yang ada di wilayahnya (perpustakaan umum, perpustakaan sekolah, perpustakaan perguruan tinggi dan perpustakaan khusus).

“Pentingnya Pendataan Perpustakaan Berbasis Wilayah sebagai penunjang untuk Nilai Tambah TGM ( Tingkat Gemar Membaca ) dan IPLM (Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat) di setiap tahunnya supaya nilainya bisa meningkat. “ Ujar Sri Purwati (Ketua Panitia)

Tujuan dari penyelenggaraan acara tersebut adalah untuk pemutakhiran Hasil Pendataan yang telah dilakukan dan evaluasi capaian penginputan data dalam penataan perpustakaan melalui kegiatan menyusun Aplikasi Pendataan Perpustakaan Berbasis Wilayah yang dapat diakses melalui https://data.perpusnas.go.id/ agar data valid, akurat dan update dapat membuat kebijakan yang baik. Setelah itu ditindaklanjuti dengan perencanaan yang sesuai dengan kemampuan yang ada sehingga tidak terlalu ambisius di dalam pelaksanaannya dan dapat digunakan untuk penetapan strategi serta evaluasi kinerja.

Exit mobile version