Site icon Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ngawi

Launching SRIKANDI, Titik NOL Menuju Ngawi Digital

Di era digital saat ini dimana teknologi dan internet telah menjadi kebutuhan pokok kita, baik dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari. Pada hari Kamis, tanggal 15 Juni 2023 bertempat di Pendopo Wedya Graha Kabupaten Ngawi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ngawi telah me- Launching Aplikasi SRIKANDI (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi).

Aplikasi SRIKANDI adalah instrumen pengelolaan arsip dinamis berdasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Acara Launching SRIKANDI di awali dengan sambutan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ngawi, Ir.KARTIKAWARI PINILIH. Dalam sambutannya, ibu PINILIH menyampaikan bahwa “ Sepanjang tahun 2022 kami berkeliling ke semua Perangkat Daerah untuk membina dan melakukan pendampingan bagaimana mengelola arsip yang baik dan Alhamdulillah hasilnya cukup menggembirakan yakni melesatnya Indeks Kearsipan hingga masuk 50 besar nasional”.

“memasuki tahun 2023, kami bekerjasama dengan BKPSDM terkait implementasi SRIKANDI di Kabupaten Ngawi dengan melaksanakan Bimbingan Teknis Aplikasi SRIKANDI (BIMTEK) secara bertahap mulai dari BIMTEK di Solo, di aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, di Comand Center Sekretariat Daerah Kabupaten Ngawi dan juga di Banyuwangi” lanjut beliau.

Launching ini dibuka oleh Bapak Bupati Ngawi H. ONY ANWAR HARSONO, S.T. M.H. serta dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ngawi, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Ngawi (FORKOPIMDA) dan Kepala Perangkat Daerah se – Kabupaten Ngawi.

Bupati Ngawi H. ONY ANWAR HARSONO, S.T.M.H. dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Prosesi Launching hari ini adalah awal, untuk itu perlu adanya monitoring dan evaluasi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dan dinas terkait untuk terus berupaya berkelanjutan.”

“Perlu adanya sinergi antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan Perangkat Daerah dalam membangun sistem kearsipan yang baik sesuai aturan.” lanjut beliau.

Setelah memberikan sambutan, Bapak Bupati me – Launching Aplikasi SRIKANDI yang di tandai dengan tutorial pengiriman Surat Edaran Bupati oleh Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Ngawi kepada Kepala Perangkat Daerah se – Kabupaten Ngawi melalui Aplikasi SRIKANDI dan diiringi dengan sirine tanda Launching serta telah diterimanya Surat Edaran tersebut oleh admin Aplikasi SRIKANDI di setiap Perangkat Daerah.

Apilkasi SRIKANDI merupakan aplikasi persuratan yang berbasis Elektronik dengan harapan setelah berlakunya Aplikasi SRIKANDI ini dalam persuratan, penggunaan kertas bisa di minimalisir (less paper). Di dalam Aplikasi SRIKANDI ini, ada 3 fitur utama berkaitan dengan pengelolaan arsip yaitu Perciptaan Arsip, Pemeliharaan Arsip  dan Penyusutan Arsip.

#salamArsip

Penulis: Nungki Wahyuningtyas, S.Sos

Exit mobile version