Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ngawi

SOSIALISASI ADMINDUK (ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN) UPAYA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN NGAWI  MENJAGA  ARSIP IDENTITAS MASYARAKAT

Tumbuhnya kesadaran Perangkat Daerah dalam pengelolaan arsipnya, memberikan harapan yang luar biasa. Hal ini menunjukkan langkah-langkah yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk membangun tata kelola arsip di lingkup Kabupaten Ngawi sudah mulai terlihat hasilnya. Salah satu buktinya adalah pelaksanaan Sosialisasi Pendokumentasian Administrasi Kependudukan (Adminduk) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Bertempat di Ruang Rapat Lt. 2, Kamis, 8 Juni 2023, kegiatan sosialisasi yang dihadiri oleh semua tenaga Operator layanan kecamatan Se-Kabupaten Ngawi berlangsung sangat menarik. Dibuka sekaligus dipimpin langsung Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Noor Hasan Muntaha, ST., MM. Materi yang disampaikan oleh Neri Ima Firmanty, S.STP., Arsiparis Ahli Muda dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan mendapat berbagai macam tanggapan dan pertanyaan. Tak ketinggalan, beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  turut membuat suasana diskusi semakin hangat. ”Kami sangat berharap, tata kelola arsip Adminduk bisa dipahami oleh teman-teman operator,” terang Ahmad Budi Susanto, SH., MM. ”Mengingat data kependudukan ini kedepan akan menjadi solusi jika terjadi masalah-masalah kependudukan, seperti sengketa hak asuh, gugatan harta warisan, dan sebagainya,” tambahnya.

Dikarenakan keterbatasan waktu, di penghujung kegiatan disampaikan oleh narasumber untuk memperkuat pemahaman tentang kearsipan Perangkat Daerah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan membuka ruang konsultasi daring 24 Jam. Menurut Neri Ima Firmanty, S.STP., layanan tersebut dilakukan untuk membantu memberikan solusi kepada Perangkat Daerah yang merasa kesulitan seputar tata kelola arsipanya. Dengan demikian diharapkan, Tata Kelola Arsip yang Top Markotop dapat terwujud demi Pemerintahan Ngawi yang akuntabel, terpadu dan terpercaya.

SINAU BARENG APIK BARENG

SALAM ARSIP

BIDANG PERLINDUNGAN DAN PENYELAMATAN ARSIP

Penulis : Monang Setiyo Putro S. Sos

Exit mobile version