Site icon Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ngawi

LOMPATAN BESAR MENJEMPUT ”SRIKANDI”

Solo, Pemkab Ngawi baru saja menggelar bimtek Aplikasi Srikandi di Hotel Horizon Aziza. Difasilitasi oleh BKPSDM, acara bimtek digelar selama 3 hari, yakni mulai tanggal 19 hingga 21 Maret 2023. Peserta yang mengikuti bimtek sebanyak 51 orang, dimana masing-masing adalah wakil dari Perangkat Daerah se-Kabupaten Ngawi.

Menurut Narasumber dari ANRI, Bpk. Cipto, Arsiparis Ahli Madya, aplikasi Srikandi kedepan akan menjadi sarana korespondensi antar instansi. Oleh sebab itu, Kementrian, Lembaga, dan Pemda wajib menggunakan aplikasi Srikandi. Lebih lanjut beliau menambahkan bahwa sesuai roadmap implementasi Aplikasi Srikandi yang disusun ANRI, untuk Ngawi dijadwalkan tahun 2023 ini sudah terealisasi. Untuk itu, diperlukan peran aktif dari Pemkab Ngawi dalam hal komitmen dan penyiapan SDM sebagai admin Kabupaten dan Admin Perangkat Daerah.

Sepanjang kegiatan antusias para peserta bimtek sangat tinggi. Mereka mengikuti setiap tahapan yang diperagakan oleh narasumber. Meskipun terlihat canggung, secara keseluruhan para peserta sangat ingin menguasai aplikasi tersebut. Mereka itulah yang nantinya akan menjadi Admin di masing-masing instansinya, serta memandu dan mengajari user bidang/seksi sesuai dengan kewenangannya.

Jika Aplikasi Srikandi ini bisa dilaksanakan, pengaruhnya akan sangat luar biasa bagi Kabupaten Ngawi, karena aplikasi ini akan menciptakan perubahan pola administrasi Pemerintahan Daerah. Kegiatan administrasi yang sebelumnya manual perlahan akan berubah ke digital. Hal ini akan berdampak pada penggunaan kertas dimana tumpukan berkas secara bertahap akan terkurangi.

Disisi lain, hadirnya Aplikasi Srikandi akan mempermudah proses kinerja Perangkat Daerah, sistem komunikasi dan koordinasi serta mempermudah dalam pengambilan keputusan. Selain itu, dalam penyelesaian pekerjaan antar instansi maupun antar pegawai dalam jenjang struktur organisasi akan lebih mudah. Pada akhirnya Aplikasi Srikandi benar-benar akan menjadi bagian penting dalam penyelenggaraan SPBE. Dimana pelayanan kepada masyarakat akan terdistribusi secara cepat dan tepat. Salam Arsip..

Penulis: Kridho W/Arsiparis Mahir

Exit mobile version